Kajian Ramadhan BPK Jatim: Meraih Ketakwaan di Bulan Ramadhan

59

Memasuki pertengahan bulan Ramadhan, BPK Jatim menggelar kajian Ramadhan dengan tema Meraih Ketakwaan di Bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan merupakan kesempatan besar bagi kaum Muslimin untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Kajian yang berlangsung pada hari Selasa (19/04/2022) di Masjid Baitul Hasib BPK Jawa Timur tersebut dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat guna mencegah penyebaran covid-19. Kegiatan diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Kasubaud Jatim II, Zayat Ramdiansyah, dilanjutkan dengan saritilawah oleh Nurani Mahendra Dhata.

“Sejak dua tahun lalu kita merasakan bagaimana puasa di tengah pandemi. Duduk berdekatan saja tidak berani. Jika dibandingkan dengan sekarang tentunya sudah banyak perubahan. Alhamdulillah semakin hari kondisinya semakin membaik,” ujar Kepala Perwakilan, Joko Agus Setyono, dalam sambutannya.

Selanjutnya, Ust. Moch. Khoirul Anwar menjelaskan dalam tausiahnya kepada para pegawai yang hadir pada sore hari itu, bahwa kita diperintahkan oleh Allah SWT untuk berpuasa bukan tanpa maksud dan tujuan. Dalam QS Al-Baqarah ayat 183 disebutkan bahwa Allah SWT memerintahkan kepada orang-orang yang beriman untuk berpuasa agar mereka bertakwa. Jadi, jika setelah berpuasa semakin dekat dengan Allah SWT berarti puasanya berhasil.

“Mari kita jadikan puasa ini sebagai media untuk meningkatkan kualitas ketakwaan kita, karena itulah hasil yang mestinya kita dapatkan saat menjalankan ibadah puasa. Mudah-mudahan puasa kita diterima oleh Allah SWT sehingga ketakwaan kita benar-benar meningkat,” tutupnya.